KOSTUM KARNAVAL DARI KORAN

PEMANFAATAN KERTAS KORAN DAN KANTONG PLASTIK MENJADI KOSTUM KARNAVAL YANG INDAH DAN CANTIK

 

Oleh: Nursih Pardiyati, S.Pd.

(Guru Prakarya)

 

Panitian peringatan HUT RI ke- 74 Desa Kebumen mengadakan kegiatan karnaval untuk tingkat sekolah dan masyarakat umum setiap dua tahun sekali. Karnaval diadakan pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2019 dengan rute dari halaman SMK Roudhotul Furqon sampai Gilang. Untuk memeriahkan kegiatan tersebut SMP Negeri 2 Banyubiru berpartisipasi dalam kegiatan karnaval tersebut.

Salah satu yang ditampilkan dalam karnaval tersebut adalah kostum dari kertas koran dan kantong plastik bekas. Sekitar 15 siswa putri terlibat dalam pembuatan kostum karnaval  sampai tampil di karnaval. Mereka antusias membuat dan mengenakan kostum ini. Pembuatan kostum dilaksanakan kurang lebih selama empat hari dengan penuh semangat. Kostum dibuat dengan berbagai model sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi anak masing-masing. Guru hanya mengarahkan dan sedikit membantu dalam pembuatan kostum karnaval ini. Siswa diberi kebebasan untuk memilih modelnya sendiri-sendiri asal memperhatikan faktor kesopanan. Pada saat pelaksanaan karnaval pun antusias dan kegembiraan terpancar dari wajah-wajah mereka, puas dengan hasil karya mereka.  

Bahan yang digunakan selain koran dan plastik adalah lem bakar, kain, dan bagor. Semua bahan yang digunakan mudah didapat dan ada di sekitar kita.

Dari uraian tadi dapat disimpulkan bahwa barang-barang yang kurang bermanfaat, setelah diolah dengan ketrampilan, ketekunan, kreatifitas dan imajinasi siswa, akhirnya menghasilkan kostum karnaval yang indah dan cantik. Tidak hanya peran guru saja, tetapi siswa juga terlibat dan sangat berperan. 


Kontak


Alamat :

Jl. Brantas Desa Kebumen Kecamatan Banyubiru

Telepon :

02986072428

Email :

[email protected]

Website :

www.smpn2banyubiru.sch.id

Media Sosial :

MARS GRIDABA


PROKES COVID-19